Manfaat asam amino

Asam amino adalah sembarang senyawa organik yang memiliki gugus fungsional karboksil (-COOH) dan amina (biasanya -NH2). Dalam biokimia seringkali pengertiannya dipersempit: keduanya terikat pada satu atom karbon (C) yang sama (disebut atom C "alfa" atau α).

Gugus karboksil memberikan sifat asam dan gugus amina memberikan sifat basa. Dalam bentuk larutan, asam amino bersifat amfoterik: cenderung menjadi asam pada larutan basa dan menjadi basa pada larutan asam.

Perilaku ini terjadi karena asam amino mampu menjadi zwitter-ion. Asam amino termasuk golongan senyawa yang paling banyak dipelajari karena salah satu fungsinya sangat penting dalam organisme, yaitu sebagai penyusun protein.

Manfaat Asam Amino
  1. Pembentukan hormon, enzim dan antibodi.
  2. Pertumbuhan, perbaikan dan regenerasi sel.
  3. Mempertahankan keseimbangan asam-basa tubuh
  4. Sangat di perlukan untuk perkembangan anak.

Sumber-Sumber Makanan Penghasil Asam Amino

Makanan sebagai penghail asam amino ini bisa didapat dari makanan sehari-hari kita seperti dari susu sapi, daging sapi, daging ayam, telur, dlln. Sayangnya kita sering makan makanan yang tidak seimbang dan yang penting enak sehingga kita kekurangan zat-zat yang di perlukan oleh tubuh kita. Jika kita kekurangan, maka kita perlu suplemen tambahan yang berbahan baku alami.

Sumber: Wikipedia

Comments :

0 komentar to “Manfaat asam amino”

Posting Komentar