Manfaat air putih bagi kesehatan

Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%.

Minimal, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Sedangkan untuk orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan seperti penyakit ginjal, asamurat, memerlukan airputih lebih banyak.

Air putih tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.

Air putih juga berperan penting dalam menjaga fungsi sirkulasi tubuh, pernafasan, sistem pengeluaran, sistem syaraf, sistem metabolisme, kulit dan pencegahaan berbagai penyakit lainnya.

Air putih memiliki banyak peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh, berikut adalah manfaat air putih bagi kesehatan

  1. Mengobati dan mencegah berbagai penyakit. Tubuh manusia harus menjaga kesimbangan pH (sekitar 7,35 – 7,45). Sialnya karena pola makan kita yang salah menyebabkan tubuh kita bersifat asam. Tubuh manusia yang bersifat asam ini adalah sumber berbagai penyakit. Air berfungsi untuk menyeimbangkan Ph tubuh kita. Dengan kadar pH yang tepatpenyeerapan oksigen ke dalam tubuh kita sempurna, sehingga energi pada tubuh juga lebih tinggi dan sistem imun jadi lebih baik dalam menghadapi penyakit.
  2. Temperatur Tubuh: Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan, dan cairan inilah yang berperan dalam mengatur suhu tubuh manusia. Seperti yang terlihat saat berkeringat, yaitu tubuh melepaskan keringat saat panas untuk mengurangi panas berlebih dalam tubuh sehingga mengurangi suhu tubuh yang tinggi tersebut. Semua pengaturan suhu tubuh seperti ini dilakukan dan bergantung pada asupan air yang ada pada tubuh kita.
  3. Metabolisme: Air berfungsi sebagai penghantar oksigen, nutrisi, hormon, serta zat lainnya ke berbagai bagian tubuh dan menjadi media dalam menghilangkan racun ringan, sel-sel mati, dan kotoran pada tubuh, dll. Selain itu, protein dan enzim yang diperlukan dalam beberapa proses penting dalam tubuh juga memerlukan air agar berfungsi dengan baik.
  4. Pernafasan: Dalam pernafasan, air berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh sekaligus mengambil karbondioksida untuk dikumpulkan dan dikeluarkan dalam bentuk uap air.
  5. Konstipasi, rasa panas pada perut,migrain, radang dan infeksi lambung: Penyakit-penyakit ini timbul berkaitan dengan kurangnya asupan air pada tubuh. Penyakit-penyakit ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi air secara cukup dan teratur.
  6. Batu Ginjal: Menurut penelitian Lembaga Internasional Batu Ginjal , untuk mencegah munculnya batu ginjal diperlukan konsumsi air sebanyak 2 liter atau 10 gelas air setiap harinya. Hal ini dikarenakan air adalah bahan pelarut terbaik yang tidak akan membiarkan garam dan mineral lainnya berakumulasi dan membentuk batu ginjal. Kandungan garam pada ginjal ini akan diurai oleh air dan dikeluarkan melalui urin.
  7. Penyakit Kardiovaskuler: Air dapat mencegah berkembangnya penyakit kardiovaskuler pada tubuh. Karena, air dapat menjaga kekentalan darah dan plasma, serta melancarkan distribusi fibrinogen dalam tubuh. Oleh karena itu, hidrasi yang cukup sangat disarankan, sehingga komponen vasukler dapat bekerja maksimal.
  8. Nyeri Sendi: Tulang sendi pada tubuh manusia sangat rentan terjadi gesekan dan kerusakan akibat iklim. Hal ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi air yang cukup. Karena konsumsi air yang tidak cukup dapat menjadi pemicu timbulnya nyeri sendi pada tubuh Anda.
  9. Sakit Punggung: Bagian belakang tubuh manusia tergantung pada urat syaraf tulang belakang. Sedangkan tulang belakang ini sebagian besar terdiri air, maka dari itu tidak mengherankan jika konsumsi air yang tidak cukup dapat memicu sakit punggung.
  10. Osteoporosis: Menurut penelitian yang diadakan oleh Lembaga Pauling Linus, konsumsi air yang cukup dapat mengurangi resiko tubuh terkena osteoporosis dan patah tulang.
  11. Perempuan Hamil & Menyusui: Kondisi janin pada ibu hamil sangat bergantung pada sang ibu. Untuk itu diperlukan asupan cairan yang cukup agar darah dapat bekerja maksimal dan mengantarkan semua nutrisi yang diperlukan dari ibu ke janinnya. Selain itu masalah konstipasi, infeksi kandung kemih, dan anus yang biasa terjadi pada kebanyakan ibu hamil, dapat dihindari dengan mengkonsumsi air lebih banyak.
  12. Fungsi Ginjal: Kotoran tubuh yang berbentuk urea sangat beracun bagi jaringan tubuh dan harus dicairkan sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh. Untuk itu dibutuhkan air sebagai “pelarut universal”.
  13. Kesehatan Kulit: Air berfungsi mengatur dan meregulasi kesimbangan alami kulit. Air yang baik bagi kulit adalah air hangat, karena air hangat memiliki kemampuan untuk menghidrasi, meremajakan, mendetoksifikasi, memberi oksigen pada kulit, menghilangkan komedo dan memperkecil pori-pori. Selain itu, mengkonsumsi air juga dapat membuat tubuh lebih rileks dan segar, serta dapat menggantikan kelembapan kulit yang hilang karena aktivitas sehari-hari.
Sumber: aqua.com

Comments :

1
ayu_saphire2011 mengatakan...
on 

ayoo kita minum air sekarang juga :D

Poskan Komentar